Pages

Selasa, 13 Agustus 2013

Cara Menjaga Kesehatan Mata

SEHATKANLAH MATA ANDA !

Setiap orang pasti menginginkan kondisi matanya tetap dalam keadaan sehat sampai
kapanpun. Mata memang anugerah terbesar yang diberikan Tuhan kepada manusia karena peranannya sangat besar.
Tak bisa dibayangkan kalau manusia hidup tanpa memiliki mata, bagaimana ia bisa menulis, memandangi indahnya pegunungan, atau hanya sekadar untuk membedakan warna.
Sungguh akan tersiksa tentunya kalau mata manusia tidak sehat atau mengalami gangguan akibat penyakit mata. Mata merupakan modal berharga bagi kehidupan setiap orang. Agar mata Anda masih tetap berfungsi sebagaimana mestinya, Anda wajib untuk menjaga dan memeriksakan kesehatan kepada dokter spesialis mata secara rutin.
Tak bisa dipungkiri bahwa ada banyak kebiasaan atau pekerjaan sehari-hari yang dapat mereduksi fungsi mata seperti menonton televisi terlalu dekat, bermain game berlebihan atau terlalu lama memandangi sinar matahari. Berikut merupakan beberapa hal yang wajib diperhatikan untuk menjaga kesehatan mata Anda.

Perhatikan Jarak ketika Menonton Televisi atau Membaca

Jarak yang bisa dikatakan aman untuk menonton televisi ialah 2 meter untuk ukuran 14 inchi dan 3 meter untuk ukuran yang lebih besar lagi. Sebaiknya, gunakan televisi berukuran kecil saja supaya tidak terlalu berpengaruh terhadap kesehatan mata Anda.
Terlebih kalau televisi tersebut juga digunakan oleh Anda dan juga anak Anda untuk bermain game yang biasanya memakan waktu berjam-jam lamanya. Demikian juga dengan kebiasaan membaca agar tidak berjarak terlalu dekat.
Membaca dengan jarak yang dekat bisa menyebabkan mata tegang dan mudah lelah. Jangan lupa pula untuk menggunakan penerangan yang cukup dan tidak membaca sambil tiduran atau malas-malasan.

Lamanya Duduk di Depan Komputer atau Televisi

Usahakan untuk tidak menatap layar komputer atau televisi dalam jangka waktu lama sekaligus. Anda bisa mengatur agar setiap 1-2 jam sekali, Anda menjauh dari televisi atau komputer untuk mengistirahatkan sejenak mata Anda. Lakukan aktifitas berjalan selama 5-10 menit sehingga pandangan tidak hanya fokus pada satu tempat.

Menghindari Debu dan Menggunakan Kacamata

Debu sangat berperan dalam merusak mata Anda. Ketika bepergian ke luar ruangan, di jalan raya misalnya, sebaiknya menggunakan masker atau pelindung mata supaya debu-debu yang akan masuk ke mata bisa diminimalisir.  Hindari debu yang masuk ke mata karena bisa membuat mata jadi infeksi dan membuat resiko mata menjadi katarak.
Menggunakan kacamata bisa menghindarkan mata Anda dari sorotan sinar UV yang menjadi salah satu penyebab pengerasan lensa, katarak, dan terjadinya penurunan penglihatan akibat adanya gangguan di pusat retina. Dengan menggunakan kacamata, sinar UV bisa disaring sampai 100% ketika Anda berada di luar ruangan.

Melakukan Olahraga dan Pemeriksaan Mata Secara Rutin

Menurut hasil studi, olahraga dapat bermanfaat untuk menurunkan ketegangan di mata sehingga merurangi resiko glaukoma. Ada banyak ragam olahraga yang bisa Anda lakukan mulai dari jogging, treadmill, ke gym dan lainnya yang bisa dilakukan secara konsisten.
Dengan melakukan pemeriksaan mata secara rutin kepada dokter spesialis maka resiko terkena masalah kesehatan pada mata akan bisa dikurangi karena sebelum penyakit datang, sudah bisa terdeteksi lebih dulu sehingga bisa segera diatasi/diobati.

Konsumsi Makanan Penyehat Mata

Ada banyak jenis makanan yang bisa Anda konsumsi untuk menjaga kesehatan mata Anda mulai dari wortel yang mengandung banyak vitamin A, alpukat, brokoli yang termasuk sayuran hijau, telur, bayam, kol, tomat, bawang putih, dan juga ikan salmon.
Dengan banyak mengonsumsi makanan untuk menyehatkan mata tersebut maka kemungkinan Anda terkena problem penyakit mata seperti katarak, glaukoma, dan lainnya bisa dikurangi.

SEMOGA BERMANFAAT @kojek_amstrong

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar